Intip Gaji Tunjangan RT di Indonesia

Poskamling News. Bagi kamu yang tertarik mencalonkan diri sebagai ketua Rukun Tetangga, sudahkah tahu kalau ternyata ada uang operasional yang diterima setiap bulannya? Berapa gaji RT di Indonesia dan daerah mana yang paling besar?

Sebagian orang memandang kalau tugas sebagai ketua RT tergolong cukup berat. Namun, menjabat sebagai ketua RT adalah profesi mulia dan sebuah pengabdian yang tak ternilai. Tugas ketua RT tertuang dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 18 Tahun 2018 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat. Mereka bertugas membantu Kepala Desa dalam bidang pelayanan pemerintahan, menyediakan data kependudukan dan perizinan, serta melaksanakan tugas lain yang diberikan Kepala Desa.

Intip Gaji Tunjangan RT di Indonesia

Tugas yang cukup berat membuat sebagian orang pikir-pikir mencalonkan diri sebagai ketua RT. Karena rata-rata gaji RT di Indonesia mencapai Rp500 ribu hingga Rp2 juta per bulannya.

Rata-rata Gaji RT di Indonesia

1. Jakarta

Gaji RT di Jakarta 2021 mengacu pada Keputusan Gubernur Nomor 1674 Tahun 2018. Gaji RT di Jakarta mencapai Rp2 juta per bulan dan Gaji RW mencapai Rp 2.5 juta per bulan yang paling lambat diterima per tanggal 10 setiap bulannya. Namun, aturan itu menyatakan kalau uang tersebut berupa uang penunjang kegiatan operasional.

2. Semarang

Nominal uang operasional ketua RT di Semarang naik pada 2019 lalu. Melansir radarsemarang, gaji RT di Semarang mencapai Rp750 ribu per bulan. Nilai tersebut naik dari yang sebelumnya senilai Rp600 ribu per bulan.

3. Bekasi

Gaji ketua RT di Bekasi disebut sebagai honor yang diatur dalam keputusan wali kota tentang pemberian bantuan operasional. Melansir sindonews, disebutkan kalau gaji RT di Bekasi mencapai Rp5 juta per tahun. Pemberian uang operasional RT di Bekasi berbeda dengan daerah lain yang diberikan setiap bulannya.

4. Depok

Kamu tertarik jadi ketua RT di Depok? Ketahui dulu nih kisaran gajinya. Melansir indtimes, instentif ketua RT di Depok mencapai Rp300 ribu per bulan. Nilai itu naik dari yang sebelumnya senilai Rp200 ribu per bulan. Kepala Bappeda Kota Depok Widyawati Riyandani mengatakan kalau uang tersebut untuk kegiatan operasional.

5. Karawang

Di Karawang, sistem instentif untuk RT juga diberikan setiap bulannya. Melansir pelitakarawang.com, gaji RT di Karawang sebesar Rp500 ribu per bulan.

6. Gaji RT di Daerah Lainnya

Gaji RT di setiap daerah berbeda-beda tergantung dari keputusan pemerintah setempat. Melansir situs voi.id dan sumber lain, berikut gaji RT di sejumlah daerah Indonesia lainnya. Nilai tersebut berdasarkan aturan lama dan terbaru yang ditetapkan pemerintah daerah setempat.

Gaji RT di Indonesia:

Kabupaten Pangandaran Rp2,5 juta per tahun

Kota Surabaya Rp1 juta per bulan

Kabupaten Subang Rp3,4 juta per tahun

Kota Tangerang Rp1,1 juta per kuartal

Solo Rp1 juta per bulan

Kota Bandung Rp500 ribu per bulan

Kab. Bandung Rp250 ribu per bulan

Baca Juga

Posting Komentar

0 Komentar