Contoh Perhitungan Uang Pensiun PNS Taspen Gol 4A

Poskamling-News. Sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang telah memasuki masa pensiun, salah satu hal yang penting untuk dipersiapkan adalah perhitungan uang pensiun. Uang pensiun merupakan sumber penghasilan pasif yang penting untuk memenuhi kebutuhan hidup setelah tidak lagi bekerja. Pada artikel ini, kita akan membahas contoh perhitungan uang pensiun PNS TASPEN golongan 4A.

Sebelum masuk ke perhitungan, ada beberapa hal yang perlu dipahami terkait dengan pensiun PNS. Pertama, besarnya uang pensiun akan tergantung pada golongan atau pangkat PNS saat masih aktif bekerja. Kedua, terdapat dua jenis pensiun yaitu pensiun bulanan dan pensiun sekaligus. Pensiun bulanan diterima setiap bulan dengan jumlah yang sama, sementara pensiun sekaligus diterima dalam satu waktu dan jumlahnya lebih besar dibandingkan pensiun bulanan.

Berikut adalah contoh perhitungan uang pensiun PNS TASPEN golongan 4A dengan asumsi pensiun bulanan:

  1. Pertama, tentukan besarnya gaji pokok terakhir sebelum pensiun. Misalnya seorang PNS golongan 4A memiliki gaji pokok terakhir sebesar Rp 10.000.000 per bulan.
  2. Selanjutnya, hitung besarnya persentase pensiun bulanan yang diterima. Untuk golongan 4A, persentase pensiun bulanan adalah 70%. Dalam hal ini, pensiun bulanan yang akan diterima adalah 70% x Rp 10.000.000 = Rp 7.000.000 per bulan.
  3. Hitung lama masa kerja dalam satuan bulan. Misalnya seorang PNS yang pensiun memiliki masa kerja selama 30 tahun atau 360 bulan.
  4. Hitung besarnya penghasilan setahun. Dalam kasus ini, penghasilan setahun adalah Rp 7.000.000 x 12 bulan = Rp 84.000.000.
  5. Hitung besarnya uang pensiun yang akan diterima seumur hidup. Untuk menghitung uang pensiun seumur hidup, dikalikan penghasilan setahun dengan faktor pensiun. Faktor pensiun dihitung berdasarkan usia pensiun dan lama masa kerja. Misalnya, jika seorang PNS pensiun pada usia 60 tahun dan memiliki masa kerja 360 bulan, maka faktor pensiunnya adalah 274,20. Jadi, uang pensiun seumur hidup adalah Rp 84.000.000 x 274,20 = Rp 23.018.800.000.

Itulah contoh perhitungan uang pensiun PNS TASPEN golongan 4A dengan asumsi pensiun bulanan. Namun, perlu diingat bahwa besarnya uang pensiun juga dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor lainnya seperti adanya tunjangan pensiun dan kenaikan harga inflasi. Oleh karena itu, sebaiknya memperhatikan dengan cermat berbagai faktor tersebut saat melakukan perhitungan uang pensiun.

Baca Juga